1. Jurnal [Back]
2. Alat dan Bahan [Back]
- 7474
3. Rangkaian Simulasi [Back]
4. Prinsip Kerja Rangkaian [Back]
Pada percobaan 2 kita diminta untuk membuat rangkaian menggunakan T flip-flop. T flip-flop merupakan turunan dari JK flip-flop. Input dari JK flip-flop yaitu J,K dan CLK. Kaki high SPDT terhubung ke vcc dan kaki low SPDT terhubung ke kaki ground. B1
terhubung ke pin S (set), B2 terhubung ke CLK, dan B0 terhubung ke pin R(reset). Pin J dan K terhubung ke vcc. Dapat dilihat pada jurnal percobaan ketika diberikan input T (B2) don'care, B1 = 1 dan B0 = 0 , maka nilai keluarannya yaitu Q=0 dan Q'=1.
Dan ketika input B1 daan B0 sama- sama berlogika 1 dan B2 dihubungkan ke CLK maka akan terjadi keadaan toggle sehingga nilai output yang dihasilkan berlawan dengan nilai sebelumnya. Seperti pada jurnal nilai output sebelumnya yaitu 1 1 maka ketika pada terjadi kondisi toggle maka nilai output menjadi 0 0.
5. Video Rangkaian [Back]
6. Analisa [Back]
1. Apa yang terjadi jika B1 diganti CLK pada kondisi 2 ?
Jawab :
Pada rangkaian percobaan 2 B1 terhubung ke set, ketika B1 diganti dengan CLK maka nilai S (set) berubah 0 ubah yang masuk ke input set. Sehingga output yang diperoleh yaitu Q = 1 dan Q'=0. Ketika set berlogika 1 maka output yang diperoleh yaitu Q = 0 dan Q' = 1.
2. Bandingkan hasil percobaan dengan teori
Jawab :
Pada percobaan B0 = R dan B1 = S
- Pada kondisi 1 B1 = 1 B2 = 0 B0 = 0 menghasilkan output Q = 0 dan Q'= 1 hal ini menandakan keadaan reset sesuai dengan teori.
- Pada kondisi 2 B0 = 1 B1= 0 B2 = 0 menghasilkan output Q = 1 dan Q'= 0 hal ini menandakan dalam keadaan set, sesuai dengan teori.
- Pada kondisi 3 B0 = 0 B1= 0 B2 = 0 menghasilkan output Q = 1 dan Q'= 1 hal ini disebut dalam keadaan terlarangkaena nilai Q dan Q' nya sama
- Pada kondisi 4 B0 = 1 B1= 1 B2 = CLK , kaki R dan S tidak aktif sehingga bergantung pada CLK yang menyebabkan nilai ouput berubah - ubah.
3. Apa fungsi masing - masing kaki flip - flop yang digunakan ?
Jawab :
- S (set) => Menyetel keluaran flip - flop menjadi berlogika 1.
- R (reset) => Menyetel keluaran flip - flop berlogika 0.
- Q dan Q' => Sebagai output dari masukan dan Q' menampilkan output yang berlawanan.
- J dan K => Menyetel keluaran flip - flop berlogika 1 ketika aktif, dan mereset keluaran berlogika 0 ketika aktif.
- Clock => Sebagai pengatur input yang bertujuan unutk merespon apakah keluaran pada rangkaian akan berubah - ubah atau tidak.
7. Link Download[Back]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar